Monday, September 5, 2016

Mandiri

Banyak yang bilang mandiri itu hanya tentang hidup sendiri, bisa menghasilkan uang sendiri dan tanpa merepotkan orang tua sedikitpun. Menurutku... di era globalisasi seperti ini kemandirian ga' bisa di artikan sesederhana itu. karena ternyata ba....nyak sekali orang yang masih belum mandiri. Bahkan yang membuatku semakin miris adalah semakin maraknya tempat les dan kursus. Padahal menurutku dengan banyaknya tempat les dan kursus akan mematikan daya kreatifitas, inovasi dan produktivitas seseorang. Dan itu akan lebih di perpah lagi dengan ketergantungan seseorang pada tempat les, atau guru pendamping. Memang... perlu sekali adanya tempat kursus unutk mengasah skill. Hanya saja banyak orang tua khususnya yang mengkrsuskan anaknya tanpa tujuan-tujuan khusus yang bisa memebangkitkan semangatnya. akhirnya yang terjadi adalah kesia-siaan semata.
Saya punya seorang teman yang begitu mancdiri, kreatif dan inovatif sekali. dia tinggal di pedalaman pedesaan. tapi skill dan kemandiriannya g bisa dipandang sebelah mata. Karena dia adalah anak yang tidak mengenyam kursus tapi dia bisa melebihi anakk yang mengikuti kursus. ternyata rahasianya adalah tidak ketergantungan, kemandirian dan kesungguhan dalam mendalami dan mengerjakan sesuatu. Dengan minimnya fasilitas dia bisa berfikir begitu kreatif dan inovatif

1 comment:

  1. Menurut saya mandiri itu yaa (mandi sendiri :p) ketika seseorang mampu mengurusi kebutuhannya sendiri tanpa membebani orang lain.

    Mengenai tempat kursus kalau sy ga masalah, soalnya kan cara orang belajar dan menyerap suatu ilmu itu beda2 :D

    ReplyDelete